Bahaya Rokok



Kata rokok mungkin tidak asing lagi di dunia ini. Siapa sih yang tidak mengenal parasit satu ini. Entah bagaimana awal orang merokok pada akhirnya pasti menjadikan perokok tersebut ketergantungan. Namun tidak berarti tidak bisa keluar dari namanya rokok. Aku pernah merokok dan sekarang aku berhenti. Berawal dari coba-coba namun setelah mengenalnya gue cukup tahu saja rokok itu memiliki berbagai macam rasa memang sih ada yang manis, pedas, dan pahit. 

Namun kadar dari satu batang rokok juga mengandung 4000 bahan kimia yang merugikan dalam tubuh. Coba bayangkan jika sehari itu kita mengisap 1 kotak rokok berisi 16 kretek dikalikan 4000 ,sudah 64000 racun kan yang masuk kedalam tubuh. Dari bahan kimia yang paling terkenal yaitu NIKOTIN, TAR, dan Karbon Monoksida sampai yang jarang diketahui. Berikut adalah beberapa bahan kimia lainnya yang saya dapatkan;

    1. ASAMA ASETIK. Pembersih lantai mengandung asam asetik, juga terkandung dalam rokok
    2.  NAPTALIN. Bola-bola pewangi pakaian mengandung zat beracun Naptalin. juga terkandung dalam rokok.
    3. ASETANISOL. Parfum mengandung zat kimia asetanisol. Dimana lagi zat ini ada? ya, dalam rokok
    4. HIDROGEN SIANIDA. Racun tikus dapat membunuh karena ada kandungan Hidrogen Sianida. Rokok juga mengadung bahan ini.
    5. ASETON. Aseton kita kenal sebagai cairan penghilang kuteks. Zat kimia berbahaya ini terdapat juga pada rokok.
    6. KADMIUM. Baterai berguna untuk menjalankan berbagai jenis mainan. Tapi anda bisa bergerak tanpa baterai. Kadmium adalah zat beracun yang terdapat pada beterai juga bersemayam di rokok.
    7. METANOL. Metanol, zat yang bisa digunakan sebagai bahan bakar terdapat pada rokok.
    8. POLONIUM-210. Seorang bekas mata-mata Rusia membunuh dengan cara langka, yaitu menggunakan Isotop radioaktif Polonium-210. Zat ini juga terdapat pada Rokok.
    9. UREA. Urea adalah zat uang terdapat air seni, yang berguna untuk tinta, cat, pupuk, dan banyak lagi. Urea juga terdapat pada rokok.
    10. CINNAMALDE HYDE. Mengapa anjing dan kucing tidak merokok? Sebab rokok mengandung Cinnamalde Hyde, bahan yang ada di racun anjing dan kucing.
    11. HIDRASIN. Persamaan antara pesawat bermesin roket dan rokok adalah sama-sama mengandung hidrasin.
    12. TOLUENE. Bensin bermanfaat untuk menjalankan mobil. Manusia tidak minum bensin sebab bensin jelas beracun. Salah satu zatnya bernama toluene, yangj juga terdapat pada rokok.
    13. FORMALIN. Bahan ini biasa digunakan untuk mengawetkan kodok, kupu-kupu, berjenis-jenis sernagga hingga jenazah. Formalin juga terdapat pada rokok.
    14. GERANOL. adalah bahan aktif yang terdapat dalam pestisida. zat mematikan ini juga terdapat pada rokok.
    15. SODIUM HIDROKSIDA.  yang pernah menggunakan penghilang bulu ketiak atau kaki niscaya didera panas dan perih. Dalam obat itu terkandung Sodium Hidroksida, zat ini tertanam pula pada rokok.
    16. CADMIUM : Campuran logam yang terdapat pada tembakau. Jika batereimu lemah, gunakan Cadmium untuk me-recharge-nya.
    17. FORMALDEHYDE : Terdapat pada asap rokok. Gas tak berwarna ini biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat.
    18. Butane : Diproduksi dari korek api.
    19. PPROPYLENE GLYCOL : Digunakan pada rokok agar tetap kering. Dapat menambah kecepatan pengiriman nikotin untuk menghancurkan otak.
    20. TURPENTINE : Digunakan pada rokok menthol. Digunakan juga untuk melukis dan mempernis kayu.
    21. BENZENE : Dihasilkan dari pembakaran rokok. Bisa ditemukan juga pada pestisida dan gasoline
    22. TIMAH & NIKEL : Benar, ini adalah logam.  
    Semua itu hanya yang mampu saya sebutkan masih ada 3978 bahan kimia lainnya yang belum saya sebutkan. Coba Bayangkan jika semua senyawa tersebut masuk kedalam tubuh, walaupun hanya jumlahnya hanya sedikit namun dapat merugikan tubuh jugakan.Kesehatan menjadi terganggu dan sama saja mensia-siakan hidup yang diberikan sang pencipta. Salah satu kerugian merokok adalah dapat menyebabkan kanker, kanker (kantong kering), paru-paru rusak, dan banyak lagi sampai-sampai saya malas sendiri menuliskannya. Berikut adalah gambar perbandingan paru-paru antara orang sehat dengan orang yang merokok yang telah ketergantunggan

    Setelah anda mengenal bahaya rokok, jangan takut untuk memerangi rokok itu sendiri walaupun anda telah menjadi seorang perokok. Memang sih bekas rokok itu akan tetap ada dalam trakea sekeras apapun anda mencoba membersihkannya pasti akan berbekas karena hanya udara yang mengalir memalui trakea namun jangan putus asa untuk menghentikannya berikut adalah tip dan trik untuk perokok itu sendiri menghentikan konsumsi rokoknya
    1. Perbanyaklah beraktivitas olahraga. Joging di pagi hari memang terasa nikmat karena udaranya masih segar. Hal ini dapat membantu mengurangi bekas asap rokok dalam trakea.
    2. Pergunakan waktu luang untuk keluarga dan orang-orang tersayang.
    3. Berhentilah membuang uang hanya untuk rokok. Dengan membeli rokok anda tidak akan pernah kaya karena penyusutan uang utnuk membeli rokok setiap harinya
    4. Mintalah dukungan dari teman-teman dan keluarga anda. Minta agar teman anda untuk tidak merokok di dekat anda. Mintalah mereka untuk mengawasi anda.
    5. Anggaplah rokok sebagai racun, momok sehingga anda tidak perlu memakainya lagi
    6. Selalu menganggap orang yang memarahi anda adalah orang yang menyayangi anda. Jangan dibawa stress tapi jalani aja.
    Adapun untuk orang yang tidak merokok. Anda mempunnyai hak untuk menghirup udara segarkan, Hak untuk mendapatkan hidup layak dimana terdapat pada UUD 1945 Indonesia ,yaitu SETIAP ORANG BERHAK UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP DAN KEHIDUPANNYA. Jadi jangan takut untuk menegur bahkan anda bisa menuntut orang yang merokok disekitar anda. Anda juga dapat menghindari perokok-perokok tersebut dengan pergi ke tempat-tempat umum yang tidak diperbolehkan merokok seperti tempat usaha(restoran, kantor, bengkel, dll), Sekolah, Kendaraan umum, Tempat IBADAH, sarana pelayanan kesehatan, tempat penitipan anak dan tempat perbelanjaan. Jika anda melihat seorang perokok yang ada di sana anda dapat langsung menegur bahkan mengusirnya dari tempat itu karena anda berhak. Jika sang pemilik tempat tersebut tidak senang anda dapat menuntut pemilik itu dan mereka akan mendapatkan teguran sampai mereka dikenakan denda dan hukuman tindak pidana.

    JADI STOP MEROKOK KARENA ROKOK MERUGIKAN KITA SENDIRI